Kodim Bima Peduli Lingkungan Dengan Penanaman Mangrove Bersama

WhatsApp Image 2019-03-31 at 12.15.24

Bima – Kondisi lingkungan saat ini sudah sangat memprihatinkan, banjir dan tanah longsor menjadi hal yang biasa dimusim hujan. Pada musim kemarau, panas terik matahari seolah tak terbendung karena keringnya lahan hijau yang memberikan tambahan oksigen (O2) sehingga membutuhkan kepedulian bersama dalam penanganan dan penanggulangannya.

Terkait dengan itu, Kodim 1608/Bima bersama BKPH Maria Donggomasa, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima, ikatan Alumni SMU angkatan 94 sekota Bima dan beberapa komunitas antara lain Treco (Trail Enduro Community), Elang Langgudu, Naga Nuri, Buldoser Lindung hutan rawat bumi serta RCM menggelar pembersihan pantai dan penanaman bibit pohon mangrove disepanjang pantai Ule jalan Lintas Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima, Minggu (31/3).

Seusai apel pengecekan, Dandim 1608/Bima Bambang Inf Kurnia Eka Putra diwakili Kasdim Mayor Inf Hardani dalam sambutannta menyampaikan kehadiran kita bersama ini dalam rangka pembersihan pantai dan penanaman bibit pohon mangrove sebagai bentuk tanggung jawab dan kecintaan kita terhadap lingkungan.

“Pembersihan maupun penanaman pohon diseluruh pinggir pantai di kota Bima bukan tugas instansi tertentu, namun merupakan tugas kita bersama sebagai wujud kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan untuk mengantisipasi terjadinya abrasi maupun menahan gelombang pasang air laut,” ungkpanya.

Kasdim juga berharap kegiatan pembersihan dan penanaman pohon mangrove tidak hanya disini, namun hutan pun harus mendapatkan perhatian kita bersama untuk dijaga dan dilestarikan, karena manfaatnya sangat luar biasa bagi anak cucu kita kedepan.

“Mari kita ciptakan kelestarian lingkungan dan hutan dengan terus berupaya menanam, menjaga dan merawatnya sehingga alam tetap bersahabat dengan kita,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala BLH Kota Bima yang diwakili Abdul Haris Dinata, M.M.Si., mengucapkan terimakasih kepada anggota Kodim 1608/Bima dan seluruh alumni SMU angkatan 94 sekota Bima yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir dalam kegiatan penanaman bibit pohon mangrove dan pembersihan pantai Ule ini merupakan bentuk kecintaan terhadap alam dan melestarikan tumbuhnya ekosistem sehingga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Kegiatan pembersihan dan penanaman pohon mangrove dihadiri Kepala Lindung Hutan Sahrul, ST., Wakil Kepala BKPH Joni, S.Hut., Suci Rahmatia (Alumni SMU I Kobi), Nur Mayangsari (Almuni SMU 2), tokoh masyarakat, Ibu Persit Kartika Candra Kirana dan Ketua Treco Trail Enduro Community Irfan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>