Manfaatkan Liburan Sekolah, Koramil Utan Rhee Ajak Siswa Bersihkan Pantai

WhatsApp Image 2019-07-05 at 20.44.39

Sumbawa – Puluhan anggota Koramil 1607-09/Utan Rhee melaksanakan pembersihan pantai di Dusun Bajo Desa Labuan Bajo Kecamatan Utan Rhee dengan melibatkan siswa-siswi SDN Labuan Bajo yang sedang melaksanakan liburan kenaikan kelas, Sabtu (5/7).

Selama pembersihan pantai, siswa-siswi SDN Labuan Bajo didampingi Kadus Bajo 2 Abdul Majid dan Babinsa Labuan Bajo Sertu Stefanus Anjar.

Kadus Bajo 2 menyambut baik inisiatif Babinsa untuk melakukan pembersihan pantai mengingat sekitar pantai Bajo terlihat kotor dan kumuh. “Alhamdulillah kami bersama pak Babinsa berinisiatif untuk membersihkan pantai dengan mengajak anak-anak sekolah yang sedang liburan sehingga mereka dari sedini mungkin dididik dan memberikan pelajaran akan pentingnya kebersamaan untuk kepentingan umum dengan cara gotong royong,” ujar Abdul Majid.

Sementara Danramil 1607-09/Utan Rhee Kapten Inf Robert P. mengingatkan warga disekitar agar membuang sampah pada tempatnya sehingga kondisi pantai tetap terlihat indah dan bersih terutama dari sampah non organik seperti plastik.

“Ini sama-sama membutuhkan kepedulian kita bersama untuk saling mengingatkan dengan harapan lingkungan tetap bersih, nyaman dan asri,” ucapnya.

Terpisah, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda, S.E. M.Sc., disela-sela kesibukannya memberikan apresiasi anggotanya yang telah proaktif memberdayakan warga binaannya untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Menurutnya, persoalan sampah ini memang menjadi hal menarik untuk dibahas terutama terkait dengan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang seharusnya dimiliki oleh setiap dusun atau desa sehingga tidak mengganggu pemandangan maupun kesehatan dan lingkungan.

“Kita berharap ada upaya minimal dari kesadaran diri untuk membuang sampah pada tempatnya, dan akan lebih bagus lagi memisahkan sampah yang akan dibuang antara organik dan non organik,” tutupnya.